Friday, June 20, 2008

Ikhlash dan Sabar didalam memecahkan masalah

Juni 18, 2008 oleh sibuki

Rabu kali ini diasuh oleh Ust. H. DR. Andian Parlindungan. Beliau memulai, bahwa semua manusia diberi fitrah oleh Allah. Fitrah dalam arti kesucian. Semua manusia awalnya adalah suci, bersih hatinya, pun dalam aqidahnya. Manusia mengakui bahwa Allah adalah tuhannya (Al ‘Araf:172). Dan di dalam hati yg suci dan bersih, ada kedekatan diantara manusia dan Allah.
Tapi makin lama manusia berbuat dosa, sehingga hatinya tertutup oleh cahaya Ilahi dan hidayah. Mereka menjadi jauh dari Allah. Itulah sebabnya Allah memerintahkan hambanya untuk menjalankan apa yg diperintahkan, yg wajib ataupun sunnah. Ibadah2 itu menyebabkan hati kembali kepada fitrah.
Ibadah sholatlah yg paling efektif dalam mensucikan hati. Ibarat sholat sebuah madrasah/sekolah, gurunya adalah Allah dan kita sebagai siswanya. Allah mengajarkan filosofi sholat, diantaranya; sifat tawadhu/rendah hati dan tdk angkuh, sabar, tawakal, ketenangan jiwa dan doa serta kesaksian. Seseorang yg sholat, jiwanya pasti tenang, ihklas, tdk tergesa2, tdk sombong, tdk berkeluh kesah, tdk stress. Seseorang yg sholat hatinya, hidupnya dan matinya hanya untuk Allah. Seseorang yg sholat, jiwanya akan terbentuk kesabaran keikhlasan dan kejujuran. Seseorang yg sholat, walaupun ditimpa masalah seberat apapun, dirinya tetap istiqomah didalam jalan Allah, jalan yg diridhoi Allah. Mereka ridho atas ketetapan Allah, ridho akan takdir Allah.
Rasulullah pernah bersabda; seseorang yg cerdas adalah seseorang yg selalu mempersiapkan kehidupan setelah kematiannya……
Diakhir ceramahnya, kita diajak bermuhasabah, bermunajat kepada Allah dan memohon ampun. Sesungguhnya dengan keyakinan akan permintaan kita, Allah akan mengabulkannya. Allah tergantung prasangka hambaku…

dimuat di:
http://sibuki.wordpress.com/2008/06/18/ikhlash-dan-sabar-didalam-memecahkan-masalah/

No comments: